Sabtu, 10 Januari 2015

Cerita motivasi diawal tahun



Haii para pembaca yang selalu setia nungguin tulisan aku .gapapa kan pede dikit kan udah 2015 hihi. Selamat tahun baru 2015!! Semoga resolusi kita ditahun ini tercapai ya,
Postingan pertama ditahun baru ini apa yaa?

jeng jeng jeengg...!!

Tadaaa!!
Mungkin cerita diawal tahun dan pengalaman liburan tahun baru aku kali ya wkwk. Setelah berlibur cukup panjang kurang panjaaaang aku banyak sekali melakukan aktifitas. Tapi waktu liburan aku juga lebih banyak menghabiskan waktu untuk sekedar tidur dan bermalas-malasan, sangat disayangkan. Entah kenapa pikiran ku jika pada waktu liburan adalah istirahat. Kalau lagi sibuk-sibuk nya sekolah pengen nya libur. Tapi kalo kegiatan ku cuman bermalas-malasan yah bikin bosan , bawaannya pengen sekolah lagi.. pengen ngerasain waktu sibuk les ngerjain tugas ini dan itu. 

Waktu itu tanggal 4 hari minggu adalah 1 hari sebelum masuk sekolah aku mendapati sebagian orang dimedia social yang meneluarkan beberapa keluh kesah seakan tidak menerima kenyataan jika besok itu mulai sekolah  iya Liburan habis “yah besok sekolah” “libur bisa ditambah lagi ngga” “liburan nya kurang nih”. Aku pun sejenak berpikir ditengah banyaknya orang yang tidak menerima kenyataan “apa cuman aku disini yang senang kalau besok sekolah?”. Wkwk

Dihari pertama itu yang kita-kita pikirkan begitu banyak nya kegiatan dan apa saja yang harus dilakukan untuk tahun 2015. Ya karena kita sudah masuk kedalam masa-masa tua dimasa SMA{kelas 3) banyak sekali yang harus dipersiapkan untuk menghadapi Ujian Akhir. Ngga hanya mempersiapkan Ujian Akhir tapi juga untuk membekali masa setelah lulus SMA yaitu masuk perguruan tinggi. Kita akan aktif belajar hanya kurang lebih 3 bulan, dan sisa nya kita akan menghadapi try out 1, try out2, try out 3, Ujian Praktek Sekolah, Ujian Sekolah dan yang terakhir ujian Nasional.
Pelajaran pertama adalah fisika dimana guru mata pelajaran itu adalah wali kelas saya Pak Rudy Hilkya. 

Apa saja yang bapak hari itu terangkan banyak sekali menjawab pertanyaan kami dikelas.dia memberi nasehat untuk mengurangi waktu bermainnya, perbanyak berlatih, manfaat kan waktu yang ada untuk melakukan kan hal-hal yang baik dan juga jangan lupa berdoa , meminta , dan berserah dengan apa yang Tuhan berikan itu adalah yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Mendengar kalimat itu saya jadi teringat akan universitas yang aku minta kepada Tuhan apakah aku menjadi mahasiswa ditempat itu atau kah tidak . tapi saya juga percaya bahwa yang Tuhan berikan itu juga yang terbaik bagi masa depan ku.

Wali kelas ku mengatakan kalau tugas sekolah adalah mengantar siswanya kedepan pintu gerbang perguruan tinggi, dalam arti sekolah akan membantu kita dalam urusan perguruan tinggi, beliau menyarankan pilihlah jurusan yang benar-benar disukai dan diminati jangan bermain-main dan mencoba – coba, pilihlah juga universitas yang memiliki prospek kerja kedepan yang baik, beliau juga menambahkan beberapa dan apa saja yang akan dilalui untuk masuk keperguruan tinggi negeri yaitu melalui
·                     Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
·                     Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
·                     Jalur mandiri/lokal
Contohnya kamu mengikuti SNMPTN melalui nilai raport tetapi ternyata kamu tidak masuk dan selanjutnya kamu diberi kesempatan untuk mengikuti SBMPTN tetapi jika ini gagal kamu akan mengikuti Jalur Mandiri.
seleksi SNMPTN berdasarkan prestasi akademik siswa, yaitu rapor pengumumannya Sekitar bulan mei.SBMPTN merupakan istilah untuk jalur ujian tes tertulis sekitar bulan juni- juli pengumumannya.sedangkan pada Jalur mandiri/lokal , jalur ini diserahkan sepenuhnya ke setiap PTN. Istilah dan ketentuan untuk jalur mandiri ini berbeda di setiap PTN.
Jika kita gagal di ujian mandiri atau tidak mendapatkan jurusan yang kita ingini kita bisa apa ? ingatlah juga bahwa Semua pasti ada jalannya masing masing. Terkadang kita harus berbelok sedikit untuk mendapatkan sesuatu yang lebih berharga. Percaya lah juga Tuhan selalui menyertai kita dan Tuhan mau kita menjadi sesuatu yang lebih dari apa yang kita baying kan sebelumnya. Siapa tahu kamu memiliki cita- cita menjadi guru eh malah jadi guru besar, yang cita – cita awalnya jadi perawat ternyata jadi dokter hihi. 

 Aku teringat pada hari dimana saat aku menuliskan apa saja resolusi ku ditahun yang baru ini, dan saat itu juga tiba-tiba terlintas pemikiran ku jika aku lulus nanti aku masuk universitas apa , jurusan apa ya? Sebenarnya aku sudah memikirkan dari awal jika passion hidup ku menjadi seorang perawat tetapi bagaimana kita dimasa depan kita tidak tahu. 

Sebelum kita masuk keperguruan pasti kita akan melewati hari dimana detik-detik pengumuman kelulusan . hari itu biasa dirayakan dengan coret mencoret seragam sebenarnya sangat tidak ada hasil nya jika mencoret- coret seragam dan bersenang- senang diatas kesedihan dimana diluar sana banyak anak-anak yang tidak memiliki seragam untuk sekolah. Sangat disayangkan jika kita terus-menerus membiarkan hal itu menjadi budaya yang tidak baik yang ditiru generasi berikutnya. 

Dikelas ku mungkin sedikit berbeda dengan kelas lain, wali kelas ku melarang keras para siswanya untuk mencoret seragamnya tidak menerima apapun alasannya. Jika ketahuan mencoret seragam nya apa yang terjadi? Dia tidak akan memberikan ijazah , STTB dan lainnya. Whaatt? Iya elu tahu sendiri kan itu ijazah gunanya untuk apa :D . kebijakan yang beliau berikan sangat baik, karena berbanding lurus dengan apa yang papa bilang “kalo baju seragam dicoret gausah masuk perguruan tinggi” whahahaa

Pada hari itu juga walikelas ku memberikan sebuah cerita yaitu ada seorang anak yang sangat disayangi oleh ibunya, tapi didik keras oleh ayah nya suka memukul, kejam, dan sering meyiksanya. Ketika ibunya orang yang menyayangi dia meninggal, dia tidak menangis. Tetapi malah sebaliknya ketika Ayah nya yang kejam meninggal Dia tidak mampu menahan air mata nya untuk keluar dan terus menangis. Bisa kita ambil sesuatu yang baik dari cerita ini yaitu . seseorang yang kita benci itu secara tidak langsung menjadi motivasi terbesar kita untuk maju dan berjuang untuk mengalahkan nya. Musuh malah menyemangati kita untuk terus bangkit dan menang.

            Kejadian yang menarik minggu ini juga adalah dimana tidak disangka bahwa kelompok kami tim pembuat kelas di quipperschool diberikan uang tunai sebagai hadiah nya. Kami diberikan oleh pak Rudy wali kelas kami. quipperschool adalah layanan e-learning yang diciptakan untuk mempermudah tugas dan menghemat waktu para guru, khususnya dalam hal pemberian tugas /PR/ latihan soal, bahkan ujian dikelas kepada siswa. Disini kita sebagai tim berperan sebagai guru.

Untuk kesekian kalinya aku merasakan bahwa kerja keras itu akan membuahkan hasil yang baik pula. Jadi saran ku ditahun yang baru ini jangan banyak ngeluh. usaha , kerja keras dan jangan lupa dengan hal yang sangat penting dan tidak bisa ditinggalkan adalah berdoa.

terimakasih sukses untuk kita semua :* salamcipok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar