Sabtu, 31 Januari 2015

Hidup Berdampingan Dengan Kritikan



Dear diary yang kusam dan berdebu tidak terasa ini adalah tulisan ke 4 di tahun 2015. Terimakasih untuk teman-teman yang sudah mau membaca tulisan sederhana ini. Kenapa aku pilih judul pujian bisa menjatuhkan sedangkan kritikan yang kadang membuat kita menciut justru membangun. baca terus selengkapnya . hanya disini kamu temukan jawabannya :*
 
Tidak ada persiapan khusus yang aku lakukan menjelang tryout, ada satu yang khusus aku meminjam pensil adekku yang sd iya pinjam J biasanya aku pinjam nya keteman sebangku tapi kali ini aku pinjam nya ke adek hehehe. Aku mungkin adalah orang yang sederhana saking sederhananya penghapus minjam peraut minjam dan tidak membawa papan ujian . terpaksa lah waktu try out hari 1 aku membulati ljk dengan penuh misterius dan hati2 . aku melihat kedepan dan kebelakang teman-teman menggunakan penggaris untuk membulati ljk lah aku?? Whaat the luck teman ku disamping kanan dan kekiri mereka juga tidak menggunakan penggaris. Aku pun berkata dan mengingat kembali “ohiya tulisan nya kan kayak cakar ayam makanya menggunakan penggaris” astagaa tidak boleh menjudge orang begitu lah pew iya iya maaf. Maksu ku tulisan nya itu kayak tulisan doktell iya pak doktel (re ; matius cingus ketua kelas 17tahun) *pukulkepalapakailjk* pernah ada kejadian karena tidak menggunakan papan ujian kertas ljk ku hampiiiir robek karena pensil yang kuraut terlalu tajam . lagi-lagi aku berpikir dan menghibur dalam hati “ampun deh untung masih try out”

Karena belajar dari pengalaman hari kedua kalian tau itu pelajaran apa Matematika dan kimia iya Math and chemistry. Dua- duanya adalah pelajaran yang menguras otak (tenaga dan pikiran) demi apa malam nya aku berekspetasi 1 jam belajar math habis itu chem. Aku berkutat dengan soal demi soal matematika yang sangat sulit bagi ku no.1 masih bisa jawab no.2 lah ini sulit amat mana gada pembahasannya lagi karena bingung dan pusing aku main hp. Saking asyiknya aku lupa kalau jam sudah menunjukan pukul teng 9 = 21.00 wib . aku pikir kalau belajar kimia jam segini ga bakal encer otak gue mikir. Ya ada benar nya juga aku pun bertekad untuk tidur. Besoknya alarm ku berbunyi pukul 03.00 dini hari aduh bentar ya 15 menit lagi. Aku menyetel alarm ku 03.15wib. 

Dipagi itu aku mendengar ada suara printer yang membuat aku terbangun. Kulihat hari sudah memunculkan mataharinya sedikit. Yaampun ini udah jam 6 pagi alarm ku ga bunyi mau marah rasanya tapi gabisa percuma kan salah sendiri aku malah menyetel alarm pukul 6.15 . aku bertanya dengan adek ku . “eh lu kenapa ga bangunin” dia menjawab enteng “udah kubangunin lu nya aj yang ga dengar”. Aku pun bergegas sesampai disekolah aku belajar sebentar menyempatkan sedikit mengulang. Saat menjawab mtk dan kimia target hanya 15soal pun tidak dapat. Gimana bisa dapat wong aku cuma baca pembahasan . adududuu 

Malam sesudah tryout aku menonton film doraemon stand by me. Disitu aku bisa mengambil beberapa poin penting untuk kita. Yaitu pada saat doraemon memutuskan untuk kembali kemasa depan, awalnya nobita menangis dan memohon agar doraemon tidak pergi. Namun malam harinya ia menantang Giant untuk bertarung dan ia berhasil membuat Giant lari dari pertarungan yang membuat nobita babak belur. Ia berkata kepada doraemon : “aku menang, Doraemon. Pulanglah tanpamu aku masih bisa menang..” dari sini kita bisa belajar usaha dan kerja keras yang besar dapat membuahkan hasil yang besar pula. Seperti boneka daruma : “yang selalu segera bangkit tegak kembali dengan muka yang tegar walaupun jatuh terguling-guling.” 

Seperti yang Pak Rudy Hilkya pernah bilang hidup itu diibaratkan dua golok. Yang satu golok yang tajam dan mengkilap adalah golongan orang yang kayak pintar cerdas cakep lah pokoknya. Dan Golok yang satunya adalah Golok yang berkarat itu adalah golongan orang yang tidak cerdas dan penuh kekurangan. Tetapi jika keduanya digunakan untuk menebang pohon pastilah yang golok yang tajam yang dapat memotongnya dengan cepat. Tetapi jika itu dilakukan oleh golok yang kedua itu harus dilakukan berkali kali dengan kuat menghempaskannya kebatang pohon maka batang itupun juga dapat terpotong oleh golok itu. Jika kita berada di posisi golok kedua yang penuh kekurangan jangan putus semangat karena kita dapat melakukan hal-hal yang dilakukan golok tajam asalkan gigih dan kerja keras usaha yang tinggi pantang menyerah. GOGOGO!!! uuuuyeeah go diego go!!

Aku juga pernah membaca disuatu buku bahwa pujian itu ada dua macam yang satu pujian untuk menjatuhkan, mengejek dan yang satu pujian yang benar-benar dari hati. Kita harus hati-hati dengan bermacam-macam pujian yang orang berikan kepada kita karena justru pujian lah yang membuat kita terlena dan merusak kebaikan kita , pujian dapat menimbulkan kesombongan yang berakibat kejatuhan. Anggap saja pujian itu adalah angin lalu yang memberi kita semangat yang lebih untuk melakukan hal-hal yang lebih baik jangan sombong. 

Berbeda dengan Kritikan seperti yang dikatakan Elbert Hubbard “The only way to avoid criticismm is to do nothing, say nothing, be nothing.” Tetapi jika kita pikirkan bahwa manusia akan mati jika tidak melakukan apapun. Jadi aku harus gimana?

Dalam minggu ini mungkin ada banyak kritikan yang aku rasakan dari orang-orang sekitar, aku merasa kurang semangat dan menciut, aku juga banyak pikiran kayak nenek2, imsomnia, makan tidak teratur,  tapi kalau lapar ya makan juga :( Tapi aku iseng search di google ‘kata-kata motivasi’ aku tertarik dengan salah satu blog.

Setelah membaca blog itu aku jadi lebih bersemangat dan terus melakukan hal-hal positif dan berpikir positif, karena menurut guru agama ku pak welfried “berpikir lah positif kepada orang lain, karena jika kita berpikir positif hidup kita lebih mudah” . “jangan melihat kekurangan orang lain karena terkadang kita tidak lebih dari orang itu”

Orang-orang sukses diluar sana yang melakukan hal yang besar yang membawa perubahan adalah orang-orang yang pasti sudah banyak menimbulkan kritikan. Jika kita mendapatkan ejekan, celaan hujatan terima saja tetap lah pikirkan diri sendiri dan teruslah berpikir POSITIF. Karena biasanya orang-orang yang mengkritik itu adalah orang sombong yang merasa dirinya sudah lebih baik dari orang lain. 

Aku berharap jika dibulan februari banyak hal-hal baik yang aku temukan, aku menemukan kamu iya kamu hey kamu hatiku dagdigdug saat aku melihat mu hahaha engga lah kamu sama dia aja yang penting kamu bahagia wkwkk curcol 'lumpuhkan lah ingatanku hapuskan tentang kamu :'(' . Aku berharap dibulan-bulan berikutnya harapan ku teman-teman orang tua adek kakak guru-guru ku makin cinta sama aku. Baby I love you love you muach muach

Terus lah berharap walau terkadang kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Percayalah jika dibalik harapan yang tidak terwujud ada sesuatu yang yang lebih baik. BYEE LOVE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar